Little diary about newbie blogger writer.

Pages

Thursday, March 16, 2017

Step 1: Data Collection

Hello!
Iyaa, aku cukup tau diri kok menghilang sampai 2 tahun di dunia per-blog-an. Maafkan daku, hahahaha. Yeah, time flies dan banyak yang terjadi di hidup aku. Inget janjiku untuk share tentang hari H di post semester 6 sebelumnya? Sekarang bahkan udah berlalu 1 tahun semenjak aku pakai toga! Yes, I am officially Elisa Wijaya, S.E. Aku udah punya motor sendiri, aku kerja dikantor baru, daaann aku punya pacar baru! Banyak sebenarnya yang mau aku ceritain tapi batas dalam 1 post sepertinya ga akan bisa ngerangkum semua cerita aku.

Setelah menghilang selama 2 tahun dan menjelang comeback-nya aku di dunia blogger, post pertama lagi ini aku mau bahas tentang betapa ga mudahnya urusin skripsi. What? Skripsi again? Iya, kan terakhir aku baru bahas semester 6, kalian harus tau dong gimana perjuangan dan mulesnya aku selama semester 7 hingga menjelang sidang? (mulai keluar tanduk jahat). Untuk kalian yang sedang menghadapi skripsi atau akan menghadapi skripsi, tarik napas yang daleeemmm trus buang. Untuk kalian yang sudah officially S.E, nahhh ga ada gunanya deh tuh baca ini post soalnya pasti kalian bakal senyum-senyum inget kenangan skripsian itu. Kasian dong junior kita, guys.

Aku berbagi mengenai 'seram'nya skripsi tentu bukan untuk menakuti kalian loh. Justru aku pengen share bagaimana jatuh bangunnya aku supaya bisa jadi motivasi juga untuk kalian! Nah, makanya yuk semangat! Skripsi itu kan harus dikerjain, bukan cuma dipelototin apalagi ditangisin (emang mantan?).



Nah, mengingat bahasan di post aku sebelumnya, semester 6 pun akhirnya lewat dan aku mulai memasuki semester 7. Kampus aku cukup unik, sistemnya kejar kebut. Di semester 7 ini, kami para mahasiswa akhir dituntut skripsi harus selesai sampai hardcopy nya. Untuk menggelar S.E, dikampus aku ini hanya butuh waktu 3,5 tahun. Karena sudah semester 7, maka mata kuliah yang hadir benar-benar hanya tentang skripsi beserta revisiannya. Wah, enak dong mata kuliah jadi cuma 1 macem? Iya enak, tapi mondar-mandir kampus, kena semprot dobing (read: dosen pembimbing), di grecokin temen, muntah-muntah nyari jurnal pendukung dan referensian skripsi senior, ngendap-ngendap masuk perpus kampus lain, begadang, revisi berulang kali, harus siapin budget dompet lebihan buat urus segala finansial yang keluar selama ngerjain skripsi sampai lupa makan lupa minum pasti bakal kamu alamin. Mumet kan bacanya? Tenang, sebentar lagi juga kamu ngalamin (huahahahahaha!). Memasuki semester 7, kami mahasiswa tingkat akhir mulai naik ke step selanjutnya, fokus ke bab 4. Karena di semester 6, judul skripsi dan bab 1-3 sudah dikerjakan.

Oke, kayaknya daritadi ngebahas topik tentang skripsinya jahat banget. Ada ga sih saran gimana supaya bisa hadepin skripsi dengan bijak? Guys, percaya deh ketika skripsi udah didepan mata maka kamu akan susah ngerasain 'santai'. Skripsi ga bakalan selesai dengan sendirinya dan kamu ga akan bisa teror diri kamu dengan kalimat "keep calm". Memang aku akui, tenang dan fokus itu penting dalam mengerjakan skripsi tapi kamu harus tau waktu kapan kamu akan komit untuk kerjain skripsi. Jadi saran pertama aku adalah:

1. Mulai pikirkan kapan kamu akan disiplin mengerjakan skripsi.
Ngerti sih kalian pasti punya kesibukan sendiri, apalagi yang (ehem!) udah punya pacar. Tapi beneran deh, ketimbang kalian menggebu-gebu dan berapi-api buat kerjain skripsi, langkah awal yang ini penting. Mulai coba pikirkan kapan kalian harus bertanggung jawab ngerjain skripsi kalian. Dan ketika kalian udah menentukan mau kapan, maka komit untuk disiplin tentang hal ini. Karena sekali lagi, skripsi ga bisa langsung tau-tau jadi, skripsi itu harus dicicil kerjain.

2. Perbanyak referensi.
Kue ulang tahun ga akan jadi indah dilihat kalau bahannya hanya tepung. Harus ada unsur air, telur, gula supaya bisa menjadi kue. Bukan hanya itu, buah-buahan dan pemanis kadang juga bisa mempercantik kue ulang tahun. Sama konsepnya, skripsi kamu pasti akan oke kalau kamu punya banyak referensi. Perbanyak itu, tetap ingat untuk mencantumkan nama hak ciptanya ya. Bukan hanya kutip dari kalimat mereka, tapi juga coba kamu mengerti apa maksud dari kalimat itu. Karena setiap kata di skripsi kamu harus kamu pertanggungjawabkan disidang nanti. Intinya? Kamu harus ngerti luar dalem tentang skripsi kamu.

3. Tentuin judul udah, bab 1-3 udah, lalu? Cari objek untuk penelitian kamu.
Judul kamu udah di okein, bab 1-3 juga sudah di acc sama dobing kamu. Selanjutnya? Eits, jangan langsung semangat ketik BAB 4 di file word skripsi kamu. Sebelum memasuki bab 4, kamu harus tau objek penelitian kamu di skripsi ini apa. Sekali lagi, kalau perlu kamu refresh kembali pikiran dan pengetahuan kamu tentang skripsi kamu. Baca lagi bab 1, penelitian kamu ini mengarah ke penelitian jenis apa. Kalau aku, skripsi aku pakai metode primer yaitu penelitian data dengan penyebaran kuisioner. Nah, kalau kamu punya juga metode penyebaran kuisioner, maka ada baiknya kamu mulai searching siapa 'pangsa' yang akan kamu mintai tolong isi kuisioner kamu. Perhatikan juga ketentuan wilayah yang mau kamu targetkan, semakin banyak maka semakin baik.
Tips: Dalam tahap ini, aku bekerja sama dengan temanku yang juga menyebarkan kuisioner untuk objek penelitian yang sama. Kami pecah tugas, supaya target selesai tepat waktu bisa tercapai dengan baik. 1 orang searching 'pangsa' di bagian wilayah Jakarta Selatan, 1 orang searching 'pangsa' dibagian Jakarta Barat, dst.

4. Tentukan waktu untuk pengumpulan data primer kamu.
Sekali lagi, semakin cepat semakin baik. Segera hubungi target pangsa kamu untuk klarifikasi bahwa kamu ingin mengadakan penelitian dengan penyebaran kuisioner diperusahaan mereka. Ingat, harus hubungi perusahaan yang bersangkutan terlebih dahulu ya. Karena berdasarkan pengalaman aku, ada perusahaan yang tidak menerima penyebaran kuisioner. Gunakan etika dengan baik, jangan terkesan seperti kita ini pengganggu. Kalau mereka sudah ijinkan kita sebar kuisioner ditempat mereka, untuk kamu yang memang notabene kuliah pagi, yuk kalau perlu besok udah boleh ngebolang 'obrak-abrik' perusahaan orang, huahahaha. Nah, yang bikin galau yang kuliah malam sambil kerja nih seperti aku. Pasti minimalnya kamu butuh 2 hari ijin ga masuk kerja. 1 hari untuk sebar kuisioner seharian, 1 hari untuk ambil-ambilin lagi kuisioner yang udah kamu sebar. Kamu tetapkan planning, penyebaran kuisioner di tanggal 5 setelah itu ambil lagi kuisionernya ditanggal 12 (1 minggu) atau ditanggal 19 (2 minggu). Waktu pengambilan kuisioner ditentukan dari kesepakatan kamu dan perusahaan yang bersangkutan.
Tips: Untuk kamu yang kuliah malam dan punya keterbatasan waktu dalam 'ngebolang', ada baiknya pakai trik bagi tugas dengan beberapa teman seperti yang aku pakai. Ini sangat membantu mengingat kamu ga mungkin jangkau semua wilayah dalam 1 hari. Trik selanjutnya, contoh: kamu menjangkau wilayah Jakarta Pusat, dahulukan perusahaan yang paling dekat dari rumahmu. Lalu selanjutnya adalah perusahaan terdekat dengan perusahaan yang sedang kamu kunjungi sekarang. Selain untuk menghemat waktu, rute pengunjungan seperti ini juga perlu diperhatikan supaya kamu cukup sekali jalan dan ga bolak-balik.

5. Sudah siap? Mulai pengumpulan data!
Ketika perusahaan sudah menyetujui kamu boleh sebar kuisioner, langkah selanjutnya tentu kamu prepare dengan lembaran kuisioner yang akan kamu bagikan. Prepare juga rute kunjungan perusahaan yang akan kamu datangi supaya target pembagian kuisioner kamu dapat selesai tepat waktu. Perlu diingat bahwa jam perusahaan untuk menerima tamu dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore (dikurangi jam makan siang yaitu dari jam 12 siang sampai jam 1 siang, kamu pun perlu makan siang jangan lupa). Bijak-bijak pakai waktu terbatas kamu terutama untuk kamu yang kuliah sambil kerja. Dan jangan lupa untuk ambil kembali kuisioner kamu di tanggal yang sudah kamu sepakati dengan perusahaan. Ketika kamu sudah terima kuisioner yang sudah diisi dari perusahaan, pastikan mereka ada cap di lembar pertama ya minimal. Lebih bagus lagi jika ada tanda tangan dari si pengisi yang bersangkutan plus nama dan cap. Kenapa dibutuhkan? Karena itu akan jadi bukti bahwa kuisioner yang diisi valid dari hasil kamu nge-bolang dan bukan kuisioner yang diisi asal-asalan. Dosen kamu perlu data yang benar-benar valid dari objek penelitian kamu, bukan data yang 'dibuat-buat'.
Tips: Dalam pembagian kuisioner, aku dikasih trik dari dobing. Sertakan souvenir kecil supaya kuisioner kamu jadi menarik dimata 'pangsa'. Seperti contoh, aku sertakan coklat ditiap lembar kuisioner aku. Coklat ini akan jadi hadiah kecil untuk mereka yang mengisi, juga supaya semakin 'laris' kuisioner kamu.

Kuisioner yang sudah diisi sudah ditangan kamu? Maka selamat! Tahap pengumpulan data ini sudah selesai kamu kerjakan. Saran dari aku, n dari data kamu harus minimal 150. Jika kamu pakai metode penyebaran kuisioner, maka kuisioner yang harus diisi adalah sebanyak 150 lembar. Kok banyak sekali? Iya, karena semakin banyak kuisioner yang kamu sebar justru semakin baik untuk pengolahan data nantinya. Triknya? Kerjasama dengan temanmu. Temanmu yang jangkau wilayah Jakarta Barat boleh menitipkan kuisioner dia ke kamu, dan kamu juga boleh menitipkan kuisioner kamu ke dia. Semakin banyak wilayah yang kamu jangkau, maka semakin banyak kuisioner kamu akan terisi!

Mulai pusing? Tenang, minum air dulu yang banyak karena perjalanan kamu masih jauh, nak (ketawa jahat lagi). Ngomong-ngomong, aku minta maaf terlebih dahulu karena pembahasan tips untuk skripsi adalah berdasarkan pengalaman aku yaitu metode primer. Untuk kalian yang metode sekunder, boleh coba lihat share-an senior yang lain ya atau lebih jelas langsung konsultasi dengan mereka.

Tahap selanjutnya setelah pengumpulan bahan selesai tentu adalah meracik dan mengolah bahan tersebut menjadi kue yang indah dilihat dan enak disantap. Tapi pelan-pelan dulu, kamu boleh tarik nafas terlebih dahulu. 3 hari kedepan kamu boleh santai dan ikut share post ini ke teman-teman kamu yang lagi baru mulai bab 4 supaya ga cuma kamu yang pusing, tapi mereka juga pusing (kenapa ya ini tanduk keluar terus dari kepala?). Aku akan update lagi mengenai pengolahan data skripsi di post berikutnya.
Stay tuned ya! ;)

2 comments:

  1. ma'aciiiw tips2 nya eaaaa kakakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama deeekk huahahahaha
      nostalgia gitu pas post ginian ci :p

      Delete